CERITA DI DALAM TUBUH

#Tags


Manusia itu jatah Glukosanya
cuman 2 sdt (sendok teh) sehari.
Tapi kita makan dari pagi, siang, sore, malam bersama teman-teman cemilan _*karbo*_ lainnya.
Insulin itu akan sibuk mengolah *Glukosa* dari _*karbo*_ yang masuk, supaya gula darah tetap dibawah 100.
Karena engga mungkin manusia ada kadar gula darahnya sampe 1000-2000-30000mg/ dl.
*Karena insulin-lah, kita dapat terselamatkan dari kadar Glukosa dalam darah yang berlebihan*
Glukosa yang dimasukin secara gila-gila'an akan membuat insulin yang bekerja, juga gila-gila'an!!
Akhirnya Pankreas-pun dipaksa terus menerus untuk dapat menghasilkan insulin.
Tapi karena _karbo_-nya engga mau berenti dimasukin sama manusia (padahal jatah tubuh hanya 2 sdt aja seharinya).
*Insulin ngomong gini * :
_"Waduuh... Glukosa masuk terus nih, olah dia! Jadikan energi!!!"_
Nah, mulai deh berubah tuh Glukosa jadi metabolisme, yang dipake jadi sumber energi.
_Eh manusianya diem, ga mau gerak, ga mau Olahraga, ga aktif, kerjanya duduk dikantor, tiduran dirumah, boro-boro jalan, naik tangga aja pengen pake eskalator._
Sumber energi-nya ngga pernah dipake... Tapi karbo masuk terus.
Insulin jadi bingung, _
*Kemana-in lagi ni .. ? *
_"Masukin ke fat cell!
Jadikan Body fat! Jadikan lemak tubuh, trus simpen disitu,
di "gudang" penyimpanan."_
Jadilah itu lemak gembyar-gembyor, blewer-blewer, melambai-lambai, diperut dan beberapa tempat lainnya..
Eh, tapi karbo-nya masuk terus 😔
Insulin makin bingung.
Fat Cell udah engga mau nerima lagi.
Dia kata: _"Ogah! Gue udah cape, alihkan lagi aja ke yg lain.
Gue udah nolak!!"_
Insulin lalu ngincer ke liver, maka dialihkan-lah kesitu.
*Kata liver* :
_"Eeh, Aku-kan cuma bisa nampung 100-150gr Glycogen aja.. _Apa-apa'an nih ngirim glukosa segini banyak??!!_ Over Capacity niii gw 🙀
Akhirnya Liver-pun kerja keras juga mati-mati'an, untuk berusaha mengolah Glucose yang dioper kesana.
Padahal daya tampung disana cuman sedikit, dia olah itu Glucose ke Tryglicerid.
Melalui proses _*de novo lipogenesis*_. Jadilah itu *Trigleserid tinggi* dan liver diselimutin oleh lemak yg namanya *FATTY LIVER*
_Ngeri Broo...🙀🙀
Liver-pun akhirnya bermasalah, sudah pasti Empedu ikut kena imbasnya, jadi deh masalah baru..
_Masalah di Empedu!!_
Ketika sudah BANYAK sekali problem ditubuh, Fatty Liver, Batu Empedu, TG tinggi, itu semua adalah indikasi *HYPERGLICEMIA * yg artinya itu kadar glukosa dalam darah ketinggian pisan..
_Plis deh ah..
Insulin lelah, selelah-lelah nya untuk mengolah Glukosa..
Udah bingung si Insulin..
*Mau dikemanain lagi ini Glukosa?"*
Tapi emang manusianya, yang ngga bisa berenti makan karbo dan masukin glukosa terus..!!
_Maka insulinnya RESIST!!_
Udah engga mau, udah cape, udah ngambek, sambil teriak:
_"HAYATI LELAH BAAANG!!!"_
_*BOOM!!!*_
Akhirnya Insulin Resistance..
Hasil dari insulin resistance iu menjadi HYPERinsulinemia, pankreasnya ngambek, ngadat, akhirnya.. _Turun mesin!!_
Yang Diabets type 1, Pankreas udah ngga mampu menghasilkan insulin lagi, tapi manusianya masih "maksa" in masukin karbo terus!!
Akhirnya solusinya itu, insulin disuntikin kedalam perut, biar bisa ngolah glukosa. _Paksa terus!!!_
_*Ternyata..*_
*Betapa manusia itu senang menzhalimi dirinya sendiri..*
Allah sudah ngasih batasan.
Aturan pada manusia untuk sering menahan hawa nafsu dalam berpuasa dan makan hanya 1/3 lambung.
Yuk Mulai lah atur Pola Makan KITA
Disqus Comments