TERNYATA CARA KERJA OTAK ORANG KIDAL JUGA TERBALIK ( STUDI TERBARU )

#Tags


Tahukah Anda bahwa cara kita menggunakan tangan dan kaki dapat menentukan bagaimana emosi diatur dalam otak? Demikian menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan oleh psikolog Geoffrey Brookshire dan Daniel Casasanto dari The New School for Social Research di New York.

Motivasi, yaitu dorongan untuk mendekati atau menarik diri dari rangsangan secara fisik dan sosial, sejatinya adalah sebuah dasar pembangun emosi manusia. Selama beberapa dekade ilmuwan percaya bahwa motivasi awalnya diproses di belahan otak kiri, lalu ditarik ke belahan kanan. Studi Brookshire dan Casasanto menentang ide ini dengan menunjukkan bahwa pada aktivitas otak dengan pola mapan (bukan kidal) ternyata ditemukan berkebalikan dengan yang kidal.
Penelitian ini menggunakan Electroencepahlography (EEG) untuk membandingkan aktivitas di belahan kanan dan kiri subjek penelitian selama istirahat. Setelah gelombang otak mereka diukur, para subjek menyelesaikan survei mengukur tingkat motivasi, aspek inti dari kepribadian kita. Pada pengguna tangan kanan, motivasi kuat dikaitkan dengan aktivitas lebih besar di otak kiri ketimbang kanan, konsisten dengan penelitian sebelumnya. Namun, pada subjek kidal menunjukkan pola yang berlawanan, motivasi dikaitkan dengan aktivitas lebih besar di belahan kanan.
Sebagian besar fungsi kognitif tidak membalik akibat penggunaan tangan. Bahasa, misalnya, terutama diproses di belahan kiri untuk sebagian besar pengguna tangan kanan dan kidal. Namun hasil ini bukan di luar dugaan.

“Kami memperkirakan pembalikan ini karena kami mengamati bahwa orang cenderung menggunakan tangan berbeda untuk melakukan tindakan tertentu,” kata Casasanto. Tindakan pendekatan sering dilakukan dengan tangan dominan, sedangkan penghindaran dengan tangan yang tidak dominan. Misalnya, pengguna tangan kanan bila mekakukan aksi yang disenanginya menggunakan tangan kanan, tapi memakai tangan kiri untuk hal-hal yang tidak disenangi. Mungkin ini sebabnya orang yang habis buang air dengan tangan kiri padahal makan dengan tangan kanan? Kalau benar, apakah itu artinya orang kidal membersihkan sehabis buang air dengan tangan kanan?

“Motivasi pendekatan dilakukan di belahan yang mengendalikan tangan kanan (otak kiri) untuk pengguna kanan, sementara untuk orang kidal sebaliknya.”

Apa manfaat dari studi ini? Salah satunya punya implikasi bagi pengobatan gangguan depresi dan kecemasan yang selama ini biasa dilakukan.

Mengingat apa yang telah ditunjukkan Brookshire Casasanto ini, metode pengobatan yang terbukti membantu bagi pengguna tangan kanan boleh jadi berdampak sebaliknya bagi si kidal. Namun mereka belum bisa memastikan apakah temuan mereka itu sudah bisa diterapkan atau belum. Studi lebih lanjut perlu dilakukan sebelum penemuan ini diaplikasikan dalam dunia medis. Untuk mengobati depresi dan gangguan kecemasan, stimulasi otak digunakan untuk meningkatkan aktivitas saraf di otak kiri pasien. Pengobatan ini yang membantu benar handers, tapi dapat merugikan kidal.

“Pendekatan motivasi dihitung dengan belahan bumi yang mengendalikan tangan kanan di kanan handers, dan pada belahan bumi yang mengontrol tangan kiri di kidal,” kata Casasanto. “Kami tidak berpikir ini adalah kebetulan sirkuit saraf untuk motivasi dapat fungsional berhubungan dengan sirkuit yang mengontrol tindakan tangan -. Emosi dapat dibangun di atas sirkuit saraf untuk tindakan, dalam waktu evolusi atau perkembangan.”

Di kutif dari ScienceDaily (2 Mei 2012). Cara menggunakan tangan kita dapat menentukan bagaimana emosi diatur dalam otak kita, menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di PLoS ONE oleh psikolog Geoffrey Brookshire dan Daniel Casasanto dari The New School for Social Research di New York Emosi Terbalik di Otak kidal.
Disqus Comments